Jumat, 28 April 2017

MTQN XII Tobasa 2017 Diselenggarakan di Pintu Pohan Meranti

Bupati Kabupaten Toba Samosir membuka Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XII Tingkat Kabupaten Toba samosir Tahun 2017 di Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Selasa 25 April 2017.

Bupati Toba Samosir mengatakan Even Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan kegiatan yang melekat dalam tubuh masyarakat mendorong percepatan pembangunan Daerah. Oleh karena itu Pemkab Tobasa menyambut baik MTQ ini semoga nilai-nilai Alquran dapat melekat kedalam hati kita, bukan hanya seremonial belaka.

MTQ juga diharpakan menjadi pedoman bagi umat dalam memperbaiki kehidupan bermasyarakat khususnya Islam dan hubungannya dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Toba Samosir, selain tentunya mencari bibit yang unggul untuk diikutkan menjadi Duta Tobasa ke even yang lebih tinggi lagi, ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala KUA Kecamatan Pintu Pohan Meranti Rifai Idris melaporkan bahwa cabang yang dilombakan berupa Tilawah mulai Tartil, Kanak-kanak, Remaja, Dewasa,Tahfizh, Khat, Fahmil dan Syarhil Quran yang para pemenangnya akan memperoleh Piala dari Kakankemenag Kabupaten Tobasa Helmut B. Tambunan, ditambah Uang Pembinaan, Piagam dan hadiah lainnya.

Kakankemenag Tobasa yang diwakili Kasubbag TU Hukdin Samosir juga menyampaikan dukungan bagi para peserta Musabaqah agar terus melatih diri dengan mengingatkan bahwa hadiah darinya pribadi tetap akan dikucurkan bagi tiga orang penghafal quran yang sudah di nilai para dewan hakim.

Selain itu Ketua MUI Johari E. Samosir dalam sambutannya juga mengharapkan agar kegiatan ini mampu meningkatkan minat baca Alquran. Apalagi di Tobasa sudah ada proyek percontohan Rumah Tahfiz Quran Violet, diharapkan mampu meningkatkan minat baca dan hafal anak-anak kita terhadap Alquran.

Dia juga berharap kepada Bupati agar dapat menambah alokasi dana LPTQ tahun yang akan datang dan diaminkan Ketua Umum LPTQ Muhammad Yamin Lubis sambil menyinggung bahwa Tobasa punya Potensi besar di even Provinsi bila didukung dana yang Layak terbukti beberapa kali MTQ Provinsi, utusan Tobasa ada saja yang dapat juara dibanding daerah lain yang anggaran dananya lebih besar.

Acara dimulai dengan pembacaan Alquran oleh Qari Sofyan Siagian dan diisi dengan hiburan berupa nasyid dari Grup Nasyid Tobasa, juga dihadiri Kapolres Tobasa AKBP. Elvianus Laoli, S.IK, Wakil Ketua DPRD Tony Simanjuntak, Camat se Tobasa, Ka.KUA se Tobasa, Para tokoh Agama dan Masyarakat, Ormas Islam dan Muslimin/muslimat dan ditutup dengan Pemukulan bedug tanda dimulainya MTQ oleh Bupati dan Pelantikan Dewan Hakim. (sumber)

Tidak ada komentar: